Baju Keta

 Baju Keta dalam cerita...

Konon menurut cerita para tetua diarea/wilayah/tempat/sekitar wilayah tersebut diyakini dan dipercayai secara turun temurun terdapat suatu pantangan memakai Baju/Pakaian yg berwarna Ungu/Keta bahkan warna2 yg mencolok termasuk Biru/Owa maupun Merah/Kala disekitar pesisir pantai maupun ditebing gunung diarea tersebut, apabila hal ini dilakukan (Dilanggar) yaitu memakai pakaian yang menjadi pantangan tersebut maka Ombak akan semakin besar dan berusaha menggulung/Menyeret si Pelanggar tersebut hal ini cukup dipercaya oleh hampir seluruh masyarakat Parado maupun para Pengunjung ataupun pemancing yang akan memancing di area Baju Keta tersebut. Entah kebetulan atau bagaimana saya PUN mengalami ketika dulu memancing di area tersebut dan memakai Pakaian yang warnanya Mencolok (ketika itu memakai Baju Warna Merah dan Tembe Nggoli yang dominan Warna Ungu) awal-awalnya ombak cukup tenang dan tidaklah terlalu besar, tetapi lambat Laun setelah beberapa puluh menit umpan saya lempar ke Laut, ombak semakin membesar dan hampir menyeret saya kedalamnya, akhirnya saya sadari ternyata saya memakai baju dan dan sarung (Kain) yg merupakan pantangan digunakan area So Baju Keta lalu saya melepas baju serta sarung yang saya gunakan dan mengganti dengan baju yg berwarna hitam sedangkan kain Sarung Nggoli saya terbawa Arus gelombang besar 

#SamadaJaKuTembeNggoliKuNtoina

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Internasional Womens Day 2020

Pernikahan Umi

Nenek Umi Berpulang